**** MENENTUKAN TARGET PASAR****
Jika kita sudah terjun di dunia bisnis, salah satu langkah yang harus kita pikirkan adalah menentukan target pasar. Target pasar yang kita rencanakan ini bisa dijadikan acuan terhadap harga barang/jasa yang kita tawarkan. Bukan hanya itu saja, dalam menentukan target pasar kita dituntut untuk jeli agar bisnis yang kita jalankan terus meningkat dan mendapatkan keuntungan yang besar
Jika kita sudah terjun di dunia bisnis, salah satu langkah yang harus kita pikirkan adalah menentukan target pasar. Target pasar yang kita rencanakan ini bisa dijadikan acuan terhadap harga barang/jasa yang kita tawarkan. Bukan hanya itu saja, dalam menentukan target pasar kita dituntut untuk jeli agar bisnis yang kita jalankan terus meningkat dan mendapatkan keuntungan yang besar
Berikut ini bisa
merupakan 3 kunci menentukan target pasar yaitu:
1.
Strategi Pemasaran Tanpa Pembeda (Undifferentiated Marketing)
Strategi pemasaran ini hanya mengandalkan satu macam produk yang
ditawarkan. Hal ini ditujukan agarimage brand dipasaran atas
produknya sangatlah kuat. Pemasaran tanpa pembeda ini menyamaratakan semua
kalangan baik bawah, menengah dan juga atas. Tanpa membedakan segmen pasar yang
dicari membuat produksi, distribusi dan strategi promosi dilakukan secara gencar-gencaran
mengingat strategi ini memiliki banyak sekali saingan.
2.
Strategi Pemasaran dengan Pembeda (Differentiated
Marketing)
Strategi pemasaran dengan pembeda merupakan strategi dimana produk
yang dihasilkan beraneka ragam. Para produsen memproduksi produk yang akan
dijual kepasaran sesuai dengan berbagai macam kebutuhan konsumen. Adanya
variasi terhadap produk yang ditawarkan membuat biaya produksi pada strategi
ini relatif lebih tinggi dibandingkan pemasaran tanpa pembeda. Tetapi dari segi
minat konsumen, strategi ini lebih menarik karena dengan adanya variasi
tersebut konsumen dapat memilih produk sesuai keinginan dan memiliki daya tarik
yang kuat dibandingkan para pesaing.
3.
Strategi Pemasaran Terkonsentrasi (Concentrated
Marketing)
Pada strategi pemasaran terkonsentrasi, produk yang dihasilkan
merupakan barang yang ditawarkan pada satu atau beberapa kalangan tertentu
saja. Target pasar yang dituju hanya ruang lingkup kecil. Seperti contohnya
makanan bayi cepat saji. Hal ini konsumennya hanya kalangan ibu yang
menginginkan makanan praktis untuk buah hatinya. Biaya produksinya memang
relatif lebih murah dibandingkan 2 strategi sebelumnya. Namun, tingkat
persaingannya cukup signifikan. Jika pesaing Anda mampu menyajikan produk yang
fokusnya sama lebih baik dari kita, konsumen setia kita bisa saja beralih
kepesaing kita itu dan kita pasti kehilangan satu-satunya ladang keuntungan
kita.
Sumber: www.majalahgrowprofit.com